Tuesday, March 4, 2014

Cara Mengatasi Tugas Sekolah yang Menumpuk

Haii..sist or bro..
Pernah gak kalian berfikir, punya sangat banyak tugas dari sekolah, tentu pernah kan?
Gimana rasanya? Kesal dan merasa terbebani bukan? Hahaha... sama, aku juga. Dimana satu minggu penuh dengan PR, ini belum selesai, yang lain udah antre. -_-" Kebayang ga sih, misalnya besok kita dihadapkan dengan 5 mata pelajaran, contohnya : Kimia, Biologi, Fisika, Bahasa Indonesia dan Matematika. Dan hari itu juga kita punya 4 PR  dari 5 pelajaran tersebut, 1 lainnya akan Ulangan Harian. Huuaa... :o gimana belajarnya coba? sebagian anak tentu akan pusing, atau mungkin akan tenang - tenang saja dan memilih menggantungkan harapannya pada esok pagi sambil dikejar bel masuk. Ini, gw punya tips Cara Mengatasi Tugas Sekolah yang Menumpuk Sister and Brother : 

1. Istirahat yang cukup setelah pulang sekolah.
Kenapa Istirahat yang cukup setelah pulang sekolah? bukankah kita harus mencicil PR untuk esok hari? alasannya, jika kita istirahat (15-30 menit tidur siang sudah cukup untuk memulihkan tenaga) kita akan memiliki tenaga yang cukup untuk berperang dengan PR serta Ulangan esok hari.

2. Makan
 Hahaa...tentu saja kita harus makan dahulu, agar kita bisa berkonsentrasi dalam belajar. Yah..dari pada saat belajar, bukan Rumus atau teori yang kita pikirkan, melainkan Nasi dan Ayam Goreng masakan Ibu. Jadi, sebaiknya kita makan dulu yaa??

3. Mengkondisikan Perasaan
Mengatur perasaan itu penting, terlebih jika saat itu kita sedang galau karena diputusin pacar, atau yang lainnya. Karena sudah jelas jika perasaan kita sedang galau, sedih atau marah kita akan kehilangan konsentrasi belajar kita. Kita diberikan otak, yang terdiri dari otak kanan dan otak kiri, kita diharuskan menyeimbangkan keduannya agar kita lebih mudah melakukan suatu kegiatan dengan cara menciptakan perasaan senang (Otak Kanan) dan kemampuan kita dalam berpikir (Otak Kiri). Kita bisa menciptakan rasa senang dengan belajar sambil mendengarkan musik atau nonton TV (Jangan salah atau takut tidak bisa konsen, setiap orang punya cara belajarnya sendiri-sendiri) Jadi, aturlah Perasaan Kalian sebiasa mungkin, bila perlu buat perasaan kalian jadi senang.

4. Cintai Mata Pelajaran
Ini sudah sangat jelas berpengaruh, bagaimana kita bisa belajar jika kita membenci pelajarannya coba? Penjelasannya sama dengan yang diatas mengenai Otak Kanan dan Otak kiri.

5. Susun Jadwal Belajar
 Ok, mari kita susun urutan mata pelajaran yang akan kita pelajari, mulai dari yang termudah ke sulit, bisa diselang seling atau sesuai selera. Hal ini bertujuan untuk membantu pengaturan waktu belajar kita.

6. Mulai Belajar
 Yap, ketika semua hal diatas sudah terpenuhi, kita bisa memulai belajar. Ingat ! Belajar itu tidak harus memelototi buku terus-terusan yang pada akhirnya kita akan ngantuk, dan tertidur saat belajar (hal yang biasa terjadi). Terkadang kita harus beristirahat, 5-10 menit untuk makan snack atau sekedar melihat-lihat keadaan sekitar, tapi jangan lama-lama, karena kita masih punya tanggungan belajar.

7. Belajar dari jauh-jauh hari
 Percaya atau tidak, tapi..ya sebaiknya percayalah jika kita belajar mulai dari H-1 kita akan kekurangan waktu, dan bisa berakibat mengerjakan PR disekolah esok pagi. Jadi, sebaiknya kita belajar sejak tugas atau peringatan akan adanya Ulangan diumumkan. Hal ini akan sangat membantu kita mencerna semua materi.

Dan itulah Cara Mengatasi Tugas Sekolah yang Menumpuk ala DeeAdmirer :) Semoga bermanfaat ya.. ;)

No comments:

Post a Comment