Sunday, March 3, 2019

Laporan Fisika Dasar Mesin Atwood

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Mekanika Newton atau sering disebut mekanika klasik, karena perintis berbagai prinsip dasar dalam mempelajari mekanika, khususnya dinamika, kinematika hingga prinsip usaha, energi dan momentum kesemuanya menggunakan prinsip Hukum Newton (Vidia,2011).
Mekanika Newton atau klasik adalah teori tentang gerak yang didasarkan pada konsep massa dan gaya dan hukum-hukum yang menghubungkan konsep-konsep fisis ini dengan besaran kinematika dan dinamika. Semua gejala dalam mekanika klasik dapat digambarkan secara sederhana dengan menerapkan hukum Newton tentang gerak. Mekanika klasik menghasilkan hasil yang sangat akurat dalam kehidupan sehari-hari.
Pada eksperimen ini akan diperlihatkan bahwa konsep mekanika newton dapat digunakan untuk menentukan percepatan suatu sistem dan persamaan geraknya dengan menggunakan mesin atwood.  

1.2  Tujuan
Tujuan dari eksperimen ini adalah menentukan percepatan suatu sistem dilakukan dengan cara metode grafik maupun metode pengukuran tunggal atau berulang menggunakan mesin atwood.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1  Hukum Newton 1
Hukum Newton I mengatakan bahwa “Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, maka benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan tetap”. 
Berdasarkan hukum I Newton, dapat dipahami bahwa suatu benda cenderung mempertahankan keadaannya. Benda yang mula-mula diam akan mempertahankan..... 

Download file lengkapnya disini.
Download Laporan Fisika Dasar Mesin Atwood

No comments:

Post a Comment